MEMBUAT MATRIKS DI R LENGKAP

Assalamualaikum Wr. Wb

Wah sudah lama tidak post... ok kali ini saya akan post tentang bagaimana cara membuat matriks dalam R, kemudian bagaimana memberi nama juga kolom kolomnya.
ok langkah pertama bisa di download dulu syntaxnya DISINI

Kemudian dalam membuat matriks pada R kita menggunakan syntax matrix. 



Dari gambar diatas dapat dilihat matriks yang dibuat diberi nama a, kemudian menggunakan c untuk menggabungkan angka yang akan dibuat matriks. Nrow disini berarti banyaknya baris yang akan dibuat dimana kita akan memuat matriks 5 baris, sebaliknya ncol merupakan banyaknya kolom yang akan dibuat. Nrow dan ncol harus disesuaikan dengan banyaknya data. Selanjutnya byrow disini artinya cara R untuk membaca data apabila byrow = True maka R akan membaca ke samping atau mengikuti row dan Jika byrow = False maka R akan membaca kebawah dengan kata lain mengikuti kolom.


Syntax di atas memiliki perbedaan dengan matriks a yaitu pada matriks b ini menggunakan byrow = False dan dapat dilihat perbedaannya yaitu R membaca data matriks mengikuti kolom.

Pada matriks c ini yang dirubah yaitu jumlah nrow dan ncol dimana di lakukan pertukaran yaitu nrow 4 dan ncol 5 maka akan berbentuk matriks 4 x 5 .

Dari matriks d dapat dilihat bahwa nrow, ncol dan byrow boleh tidak di tuliskan tetapi boleh langsung dimasukkan nilainya tetapi dalam memasukkan nilai harus sesuai dengan urutan yaitu nrow, ncol dan byrow.

Kemudian untuk matriks e disini data lebih disingkat, ini bisa digunakan jika data berurutan.


Dari gambar diatas yaitu memberikan nama pada matriks e yang telah dibuat. dalam pemberian nama row atau baris bisa menggunakan syntax rownames() sedangkan untuk colom bisa menggunakan colnames()


Mungkin sekian dulu untuk post kali ini
Terimakasih
Wassalamualaikum Wr Wb




MEMBUAT MATRIKS DI R LENGKAP MEMBUAT MATRIKS DI R LENGKAP Reviewed by thinkstudio on December 02, 2017 Rating: 5

2 comments:

Powered by Blogger.