Memulai dengan Python

Menurut Wikipedia, Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Python diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dengan sintaksis kode yang sangat jelas, dan dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif. Python juga didukung oleh komunitas yang besar.

Python juga bisa dijalankan di berbagai platform diantaranya linux, windows dll. Untuk menjalankan python ada 2 cara umum yang biasa dilakukan yaitu menggunakan python interpreter prompt dan mengeksekusi file python dari command line. Interpreter prompt biasanya digunakan untuk sekedar menulis program kecil atau mencoba modul – modul yang ada.

Sebelum kita mencoba menjalankan python kita install dulu pythonnya, langkahnya sebagai berikut :

1. Download python DISINI
2. Run python installer


Setelah proses instalasi, untuk mencoba apakah python sudah terinstall kita akan memanggil perintah python di command line. Berikut contohnya :

1. Pertama kita masuk terlebih dahulu ke pythonnya

2. Input code (print(“belajar python gampang”)


Untuk menggunakan python, kita juga bisa menggunakan text editor yang disimpan dalam format .py nanti file tersebut akan di running di cmd menggunakan printah python nama_file.py .

Selanjutnya pada part ini kita akan mempelajari fungsi print. Fungsi print digunakan mencetak atau menghasilkan output text di layer menggunakan fungsi print. Output digunakan untuk memberikan feedback dan keadaan dari program yang dijalankan contohnya hasil perhitungan, pertanyaan, daftar pengguna, dan grafik. Tapi pada program konsol, biasanya output berupa teks yang dicetak menggunakan function tertentu pada bahasa pemrograman. Fungsi print ini akan menghasilkan output string yang diinginkan, berikut adalah contoh penggunaan print :


Running file diatas menggunakan perintah python fungsi_print.py , kemudian didapatkan output berikut
Mungkin sekian untuk post kali ini terimakasih.

Memulai dengan Python Memulai dengan Python Reviewed by thinkstudio on August 23, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.